Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

Cara Bermain Saham Untuk Pemula Yang Jauh Dari Risiko Rugi

Cara Bermain Saham Untuk Pemula Yang Jauh Dari Risiko Rugi

Bagi pemula, kamu bisa memilih saham-saham yang tergabung dalam pada indeks LQ45 atau IDX30. Indeks LQ45 merupakan indeks yang mengukur performa harga dari 45 saham-saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh basic perusahaan yang baik. Jika kondisi pasar sedang regular, kamu bisa mulai untuk berinvestasi saham baru. Sebaliknya, jika kondisi pasar sedang memburuk kamu bisa menahan diri untuk membeli atau menjual saham. Cara bermain saham untuk pemula yang wajib dilakukan adalah memahami apa itu saham.

Bermain saham

Bila anda berinvestasi pada saham yang memiliki elementary baik dan siap untuk jangka waktu investasi yang panjang, anda tidak perlu panik dan menjual saham-saham anda ketika harga turun. Mengapa harus mengikuti peraturan waktu sesuai pembukaan pasar saham? Karena dengan mengikuti jadwal tersebut, maka dealer dapat mencairkan transaksinya secara langsung. Namun jika melakukan transaksi di luar waktu pembukaan pasar, maka transaksinya akan ditunda sampai pasar dibuka kembali. Hal itu akan menghambat aktivitas penjualan saham dan membuat keuntungan dealer harus tertahan sementara waktu.

Sementara itu kesalahan investasi lebih terjadi karena pada awalnya investasi tersebut dilakukan dengan cara yang tidak tepat serta dijalankan dengan cara yang tidak benar. Efek Indonesia maupun oleh lembaga-lembaga jasa keuangan terkait, tentunya dengan strategi yang sesuai dengan karakteristik generasi Y dan Z itu. Keadaan market mungkin akan naik turun, namun dengan konsistensi dan disiplin, hasil imba balik yang baik pasti akan kita terima.

Janganlah kita malah takut untuk berinvestasi di instrument keuangan yang justru memberikan imbal balik menguntungkan. Dan jangan juga terpaku pada instrument investasi konvensional. Beberapa saham BUMN mampu membukukan kenaikan cantik 66%-200% dalam setahun. Bahkan beberapa saham consumer goods lain, perusahaan farmasi, dan property juga mampu membukukan kenaikan manis diatas 500% hanya dalam 4 tahun. Dan ini bukan saham-saham yang baru atau ‘aneh-aneh’ tapi saham dari perusahan yang namanya kita kenal dan produknya sudah kita pakai bahkan sebelum kita lahir.

Membeli saham itu seperti membiarkan rumput bertumbuh, atau cat pada dinding mengering. Dan kalau kita memperhatikannya setiap hari, malah mungkin kita akan panic melihat harga beli kita lebih tinggi dari harga sekarang oleh karena chart naik-turun. Apalagi melihat persentase yang merah menakutkan dan jumlah angka ‘kerugian’ unrelistik. Warren Buffett ‘hanya’ mengharapkan revenue 22% per tahun loh. Dan ia menunggu sedikitnya 30 tahun untuk menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Faktor Psikologi memiliki peranan penting dalam berinvestasi, dan sangat di underrated.

Comments are closed.